Begini Perawatan Untuk Diri Sendiri Pasca Stroke

Posted on

Serangan stroke yang terjadi secara tiba – tiba dapat membuat kualitas hidup seseorang menurun, karena setelah terjadinya stroke beberapa anggota tubuh tidak berfungsi dengan baik atau normal. Oleh karena itu, jika anda telah mengalami stroke maka anda bisa melakukan perawatan atau pemulihan untuk diri sendiri.

Perawatan Untuk Diri Sendiri Pasca Stroke

Dalam melakukan perawatan atau pemulihan anda harus memiliki memiliki semangat dan motivasi yang besar, karena kondisi ini mungkin akan sulit bagi anda terlebih lagi jika anda mengalami kesulitan dalam berbicara sehingga anda harus meminta bantuan untuk bisa memahami perkataan atau keinginan anda.

Perawatan Untuk Diri Sendiri Pasca Stroke

Salah satu cara perawatan yang bisa anda lakukan yaitu mengikuti program terapi rehabilitasi atau rehab karena dengan melakukan program ini akan membantu anda dalam melakukan hal hal yang mudah untuk dilakukan sebelum anda mengalami stroke. Selain mengikuti program rehabilitasi anda juga tidak boleh mengalami depresi karena jika anda mengalami depresi maka dapat mengganggu dalam proses perawatan atau pemulihan anda.

Oleh karena itu, jika anda sedang mengalami hal – hal yang dapat membuat sedih alangkah baiknya dibicarakanlah kepada keluarga maupun dokter agar membantu proses pemulihan anda lebih cepat. Itulah perawatan yang bisa anda coba lakukan dan perawatan tersebut belum cukup jika anda tidak dibarengi dengan berolahraga. Berolahraga untuk mencegah stroke ini sangat penting dilakukan karena dengan berolaharga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab utama terjadinya stroke.

Selain itu, dengan anda berolahraga pasca stroke juga dapat membantu anda dalam mengontrol hal – hal yang dapat mengakibatkan resiko obesitas, kolesterol tinggi dan juga diabetes. Berolahraga secara teratur juga merupakan hal yang penting dilakukan selain dilakukan oleh pasien pasca stroke, seseorang yang sehat dan tidak mengidap penyakit pun harus tetap berolahraga agar tubuh semakin sehat dan dapat terhindar dari berabagai serangan penyakit.

Waktu olahraga yang disarankan

Sebelum anda melakukan program latihan dengan berolahraga, alangkah baiknya untuk konsultasi kepada dokter terlebih dahulu dan ikuti arahan dari dokter. Selain itu, anda juga harus mengetahui tingkat detak jantung anda agar tahu batas untuk berolaharga. Berolahraga tidaklah harus dilakukan oleh pasien pasca stroke saja, karena seseorang yang sehat juga harus melakukan olahraga karena dengan berolahraga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang dan juga dapat menurunkan risiko masalah pada jantung yang dapat menyebabkan stroke.

Untuk waktu olahraga yang disarankan alangkah baiknya anda melakukan olahraga selama 2 setengah jam seminggu dan lakukanlah selama 30 menit setiap harinya minimal dilakukan 5 kali seminggu. Jika anda menderita stroke TIA, maka biasanya dokter akan menyarankan anda untuk melakukan olahraga selama 1/2 jam hingga 1 setengah jam seminggu atau melakukan olahraga selama 30 menit sehari.

Untuk jenis olahraganya sendiri biasanya dokter akan menyarankan untuk berolahraga yang dimulai secara perlahan – lahan atau dengan intensitas rendah seperti berjalan – jalan setiap pagi atau sore, menari, membersihkan rumah dan juga berkebun atau melakukan aktivitas lainnya di halaman atau lingkungan rumah.

Selain berolahraga, latihan yang perlukan seseorang pasien pasca stroke yaitu melakukan latihan keseimbangan karena stroke biasanya akan mengalami salah satu sisi kelemahan dan dengan latihan ini maka pasien akan dapat berjalan. Melakukan latihan keseimbangan biasanya dilakukan secara bertahap dan bisa sambil duduk, hal yang pertama dapat dilakukan yaitu dengan memiringkan tubuh ke sisi kanan dan kiri secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *