Manfaat Berpuasa Bagi Penderita Stroke

Posted on

Pada bulan Ramadhan, banyak orang yang menanyakan mengenai penderita stroke apakah diperbolehkan atau tidak untuk berpuasa. Pada dasarnya, hampir semua penyakit tidak menghalangi orang untuk berpuasa.

Manfaat Berpuasa Bagi Penderita Stroke

Justru, dengan melakukan ibadah puasa tidak hanya akan mendapatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT saja akan tetapi Berpuasa juga ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya pada penderita stroke.

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat mengalami penyumbatan serta pecahnya pembuluh darah.

Manfaat Berpuasa Bagi Penderita Stroke

Jika tanpa darah maka otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi sehingga sel – sel pada sebagian area otak akan mati. Stroke salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan juga dapat mengakibatkan kerusakan secara permanen.

Selain itu, Stroke juga dapat terjadi akibat beberapa penyakit seperti darah tinggi, diabetes, kolesterol, jantung dan juga pengaruh dari pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Datangnya bulan suci Ramadhan ini sangat berpengaruh bagi penderita stroke karena dengan berpuasa maka akan mendatangkan banyak sekali manfaat, salah satunya mampu menstabilkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penyakit stroke. Hipertensi dapat terjadi akibat pola makan yang tidak terkontrol serta emosi yang disertai dengan rasa cemas.

Maka dengan anda berpuasa, tubuh anda akan mengurangi produksi hormon adrenalin dan bisa meminimalisir kebiasaan tersebut hingga tekanan darah tinggi dapat berangsur normal kembali sehingga kondisi ini dapat menurunkan risiko terjadinya stroke.

Selain mampu menstabilkan tekanan darah, manfaat puasa bagi penderita stroke juga sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi dan menumpuk dipembuluh darah akan menyebabkan penyumbatan sehingga pasokan darah ke pembuluh darah otak akan terganggu dan kondisi ini akan menyebabkan stroke.

Penderita stroke yang berpuasa secara rutin mampu mengurangi beberapa risiko komplikasi seperti stroke yang semakin parah, penyakit jantung, dan berat badan bertambah.

Menu Makanan Sehat Bagi Penderita Stroke

Menu makanan untuk sahur dan berbuka bagi penderita stroke disarankan tidak mengonsumsi banyak garam tinggi, dan berikut beberapa jenis makanan sehat yang sangat disarankan berikut diantaranya :

Makanan berkarbohidrat kompleks

Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan beras dapat di metabolisme secara lambat sehingga mampu memberikan anda energi yang dapat bertahan dalam waktu yang cukup lebih lama. Sebaiknya, hindari jenis makanan – makanan dengan gula sebagai karbohidrat utama karena hal ini akan mudah cepat diserap tubuh sehingga energi pun tidak akan bertahan lama.

Makanan tinggi serat

Serat merupakan zat yang tidak dicerna dalam tubuh, akan tetapi memiliki dampak yang sangat sehat dalam tubuh. Makanan yang tinggi akan serat dapat anda temukan dalam sayur – sayuran seperti brokoli, wortel, serta pada buah apel dan juga pisang. Selain itu, zat inipun dapat membuat perasaan kenyang cukup lama serta dapat menurunkan beberapa risiko penyakit seperti serangan jantung, stroke, hipertensi, diabetes dan obesitas.

Mengonsumsi buah kurma

Buah kurma merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, didalam buah kurma mengandung serat dan berbagai macam vitamin serta mineral. Dengan mengonsumsi buah kurma saat berbuka dipercaya mampu memberikan dorongan energi setelah seharian menjalani ibadah puasa. Selain buah kurma, mengonsumsi jus buah buatan rumah juga bagus untuk tubuh setelah seharian berpuasa.

Menghindari makanan asin

Khusus bagi anda yang menderita stroke atu hipertensi makanan yang terlalu asin atau mengandung kadar garam tinggi sangat tidak disarankan. Berikut jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka maupun sahur seperti : ikan asin, makanan fermentasi dan sebagainya.

Menghentikan minuman kopi dan teh manis

Khususnya bagi anda yang menderita stroke, hipertensi atau diabetes, ketika sahur dan berbuka puasa jangan dulu meminum kopi atau teh yang terlalu manis. Bukalah atau sahurlah dengan yang manis seperti kurma atau jus buah dan jus sayuran.

Itulah beberapa jenis menu makanan sehat yang baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Adabaiknya tetaplah mengonsumsi makanan yang sehat dan memenuhi cakupan gizi selama berpuasa agar ibadah anda berjalan lancar dan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *