5 Hal Penting Saat Merawat Orang Yang Baru Terkena Stroke

Posted on

Stroke merupakan penyakit kardiovaskular, di Indonesia sendiri stroke merupakan penyakit yang setiap tahun terus bertambah banyak dan seseorang yang mengalami stroke biasanya akan berakhir dengan kelumpuhan dan juga disibilitas.

Nah, jika anda memiliki orang tua, kerabat atau keluarga yang baru terserang penyakit stroke maka anda harus membantunya dan merawatnya untuk memulihkan diri dari stroke sehingga pasien bisa menjadi mandiri lagi.

Namun, perlu anda ketahui beberapa hal – hal yang penting dan harus anda perhatikan pada saat merawat pasien yang baru terkena stroke.

5 Hal Penting Saat Merawat Orang Yang Baru Terkena Stroke

5 Hal Penting Saat Merawat Orang Yang Baru Terkena Stroke

Inilah 5 hal penting saat anda merawat orang yang baru terkena stroke, diantaranya :

Saat Mandi

Jika pasien stroke mandi dengan menggunakan bak maka perlu anda sediakan kursi khusus ditepi bak, sebelum itu pastikan harus memiliki pegangan dan lantai yang tidak licin untuk keamanan pasien pada saat mandi.

Selain itu, pastikan rem kursi roda bekerja sebelum anda membantu memindahkan pasien ke tempat kursi mandi. Jika pasien ingin mandiri dan mandiri sendiri penting untuk anda agar berjaga disampingnya jika pasien membutuhkan bantuan.

Dan yang paling penting sebelum mandi anda harus menyiapkan semua peralatan dan kebutuhannya unntuk memudahkan pasien stroke.

Saat Membersihkan Diri

Jika pasien tidak mampu membersihkan diri sendiri maka anda bisa membantunya, contohnya saat menyikat gigi maka anda harus pilihkan sikat gigi dengan pegangan yang pancang dan tabung pasta gigi dengan tutup flip. Selain itu, buatlah alat dan botol perawatan yang mudah digunakan dengan satu tangan dan juga pindahkan sabun dan cairan kedalam botol agar mudah diambilnya.

Saat Berpakaian

Jika pasien ingin berpakaian sendiri maka anda harus menyiapkan pakaian lengkapnya dan ada baiknya pasien stroke mengguankan pakaian longgar yang lemut serta gunakanlah sembari duduk. Selain itu, ada baiknya gunakan tangan yang kuat untuk memakai pakaian pada sisi lemahnya terlebih dahulu.

Saat Makan

Penderita stroke biasanya akan kesusahan dalam menelan dan mengunyah makanan. Oleh karena itu, anda bisa membantu untuk menghaluskan makanan atau mempersiapkan makanan lunak seperti kentang tumbuk, keju, telur, sup dan makanan lainnya. Selain itu, berikan pasien minuman yang bernutrisi dan ikuti saran pola makan dari tim kesehatan gunaka untuk menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah ataupun berat badannya.

Saat Melakukan Kegiatan

Pasien yang terkena stroke diwajibkan untuk rutin melakukan kegiatan seperti olahraga peregangan guna untuk membantu masa pemulihan. Meskipun pasien melakukan olahraga sendiri tetapi anda harus tetap menjaga dan selalu ada disampinnya untuk membantunya jika pasien kesulitan pada saat membaca atau mengingat gerakan yang diajarkan terapis.

Selain melakukan olahraga, anda juga bisa mengajak pasien untuk melakukan permainan yang mampu membantu meningkatkan kemampuan mengingat dan keterampilan pasien seperti bermain kartu, game ingatan, teka-teki silang dan lainnya. Selain itu, putarkanlah musik pada sisi tubuh sehat yang berlawanan dari kerusakan otak sehingga pasien dapat meningkatkan kemampuan mendengarnya.

Itulah 5 hal penting yang harus anda ketahui dan perhatikan saat merawat pasien stroke. Dengan melakukan 5 hal tersebut maka dapat membantu penyembuhan pasien stroke, dan bisa anda lihat kemajuan pada pasien setelah satu bulan atau satu tahun bahkan bisa lebih. Oleh karena itu, rawatlah jika orang tua, kerabat atau keluarga anda denan terus berharap kesembuhan yang terbaik bagi orang – orang yang aanda cintai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *