Home / Berita Terbaru / Nvidia RTX Broadcast Engine Resmi Diumumkan, Tools Baru Untuk Mudahkan Streamer Melalui Teknologi AI

Nvidia RTX Broadcast Engine Resmi Diumumkan, Tools Baru Untuk Mudahkan Streamer Melalui Teknologi AI

Nvidia RTX Broadcast Engine resmi diumumkan. Ini adalah tools streaming baru tim hijau yang bakal memanfaatkan RTX GPU melalui apa yang mereka sebut “dedicated AI processors called Tensor Cores” untuk menambahkan berbagai efek indah saat live streaming dilakukan.

Intinya, kehadiran Broadcast Engine dari Nvidia bisa memudahkan banyak hal bagi pengguna, khususnya untuk para dedicated streamer yang menjadikan kegiatan ini sebagai pekerjaan serius melalui banyak fitur bermanfaat. Dan apa yang paling menarik dan berguna untuk mereka adalah RTX Greenscreen yang juga disajikan melalui engine baru Nvidia untuk broadcast.

Baca juga : Nvidia Dikabarkan Bakal Rilis GTX 1660 SUPER, GDDR6 Sajian Utama

Pengomposisian kunci Chroma atau bisa diartikan sebagai green screen biasanya menjadi hal umum sebagai metode pembuatan film subjek pada latar belakang hijau dan kemudian mengganti latar belakang dengan gambar lain. Ini adalah bentuk streamer untuk bisa memasukkan diri mereka ke dalam konten lain seperti gameplay.

Masalahnya, menggunakan green screen dapat menjadi masalah, dimana alat extra ini mengambil banyak ruang studio. Terlebih lagi sisi pencahayaan harus tepat, dan streamer harus menghindari atau mengenakan sesuatu selain warna hijau agar efeknya berfungsi.

Disinilah RTX Greenscreen menjadi solusi jitu, dimana menurut Nvidia, ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi bagian dari gambar manusia, kemudian menghapus latar belakang. Ini bekerja secara real-time dan tampaknya sama efektifnya dengan metode tradisional, meski sisi pencahayaan yang cukup mungkin masih menjadi faktor utama untuk bekerja secara efektif.

Kemudian hadir pula fitur RTX AR, dimana ini bisa mendeteksi wajah pengguna melalui pelacakan fitur dan ekspresi wajah, bahkan bisa menerapkan dan mengubah efek 3D lainnya secara real-time. Dan fitur extra lainnya adalah RTX Style Filters. Filter ini “menggunakan teknik AI yang disebut transfer gaya untuk mengubah tampilan dan nuansa umpan webcam berdasarkan gaya gambar lain.” Artinya bahwa streamer dapat menggunakan ini untuk memberi umpan kepada mereka tampilan sketsa atau efek aneh lainnya.

Semua fitur-fitur ini mungkin hanya tersedia secara khusus RTX Broadcast Engine. Namun, Nvidia mengisyaratkan bahwa mereka juga telah bekerjasama dengan OBS, pengembang aplikasi live-streaming yang populer, sehingga pengembang bisa  mengintegrasikan RTX Greenscreen ke OBS Studio.

Kapan semua hal tersebut akan tersedia? Pihak perusahaan mengatakan bahwa mereka akan melakukan demo di TwitchCon akhir pekan ini, dan akan diluncurkan kepada pengguna dalam waktu sekitar satu bulan kedepan.

 Baca Juga :

About admin

Check Also

Facebook Kayaknya Bakal Hapus Tombol Like, Ujicoba Sedang Berlangsung Di Negeri Kanguru

Tombol like di Facebook kayaknya bakal disembunyikan secara bertahap, dimana hal tersebut mulai di ujicoba …